Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat

bagikan

Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang mempunyai jajanan yang digemari oleh banyak orang, terutama seblak.

Rekomendasi-Makanan-Khas-Jawa-Barat

Makanan khas Jawa Barat sudah cukup populer di kalanagan masyarakat berbagai pelosok daerah. seperti Cireng, ubi cilembu dan lain sebagainya. Jadi, apa saja makanannya?berikut ini contohnya.

Makanan Khas Jawa Barat

Jawa barat menyuguhkan kuliner dengan berbagai cita rasa, ada yang asin , manis sampai yang pedas. Beberapa di antaranya pasti sudah pernah kamu coba bahkan sering temui di daerah lain. Berikut beberapa rekomendasi makanan Khas Jawa Barat yang wajib untuk kamu coba:

Makanan Jawa Barat Paling Populer – Seblak

Seblak adalah makanan khas Jawa Barat yang sangat populer sekarang ini. Makanan ini menjadi kesukaan anak muda di seluruh negeri. Walaupun populer baru-baru ini, namun seblak sudah ada sejak tahun 1990 an di Jabar. Makanan favorit yang berasal dari kota kembang ini berbahan dasar dari campuran kuah bumbu kencur dengan isiannya berupa kerupuk basah, sosis, sayur bakso, dan sebagainya. Seblak berasal dari bahasa Sunda yaitu segak dan nyegak artinya menyengat. Ini sesuai dengan namanya, tumisan dari cabe dan bumbu kencur yang jigrak hingga menyengat.

Batagor

Batagor merupakan makanan yang berasal dari Jawa Barat. Merupakan singkatan dari kata baso tahu goreng. Bahan utama makanan ini adalah menggunakan adonan baso dari ikan dan tahu goreng yang dicampur dengan saus kacang. Dan tambahan potongan timun kecil-kecil

Cireng

Merupakan makanan khas Jabar yaitu Aci Goreng. Cireng adalah makanan yang terbuat dari tepung kanji dan dimasak dengan cara digoreng. Cireng disajikan dengan sambal rujak atau sambal pedas manis, tapi bisa juga dimakan tanpa tambahan apapun. Karena perkembangan zaman, cireng mengalami berbagai modifikasi, mulai dari cireng isi mozzarella, sosis dan cokelat yang menambah cita rasanya.

Baca Juga: Keraton Kasepuhan Paling Bersejarah Di Jawa Barat

Lotek

Lotek

Hampir sama dengan pecel. Bahan utama dari hidangan ini adalah sayur dan bumbu kacang. Bedanya dimana? Coba perhatikan dengan seksama, lotek menambahkan bawang putih dan terasi dalam bumbunya.

Ubi Cilembu

Ubi cilembu bahan utamanya adalah ubi jalar yang di masak. Makanan ini memiliki cita rasa manis legit seperti ada madu di dalamnya, juga teksturnya yang lembut. Makanan ini akan sangat nikmat apabila dikonsumsi saat masih hangat atau baru matang.

Tahu Sumedang

Tahu sumedang merupakan salah satu makanan khas daerah Jawa Barat yang cukup populer. Bahan utama jajanan ini sama dengan tahu lainnya, yakni kedelai. Tetapi, jika kamu merasakannya secara langsung maka akan menyadari perbedaannya. Tahu sumedang memiliki tekstur lebih lembut walau sudah digoreng. Kamu juga bisa merasakan perpaduan antara asin, gurih dan lembut walau dalamnya tidak berisi. Kamu juga bisa memakannya dengan cabe agar terasa pedas.

Karedok

Sama seperti lotek, karedok merupakan makanan yang berisi sayuran dibalur dengan bumbu kacang. Tetapi, yang membedakan adalah karedok menggunakan sayuran mentah, sayurnya yaitu mentimun, kacang panjang kol, tauge, dan daun kemangi. Dan bumbu kacangnya terdiri dari campuran bawang putih, gula merah, cabai merah, kencur, air asam, garam dan kacang tanah.

Makanan Tradisional Jawa Barat – Nasi Jamblang

Makanan-Tradisional-Jawa-Barat---Nasi-Jamblang

Makanan ini adalah salah satu warisan sejarah penting. Sejarahnya berasal dari zaman penjajahan Belanda. Saat itu warga desa Jamblang, yaitu di daerah Cirebon menjalankan kerja rodi. Ketika sedang bekerja, mereka sering membawa bekal berupa nasi dan lauk lalu dibungkus dengan daun jati.  Ciri khas makanan ini adalah nasinya sedikit namun lauknya bervariasi.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *