Sejarah Monumen Bandung Lautan Api Dan Daya Tariknya

bagikan

Bandung Lautan Api mencerminkan semangat pengorbanan dan keberanian rakyat Bandung dalam menghadapi tantangan bersejarah Belanda.

Sejarah-Monumen-Bandung-Lautan-Api-Dan-Daya-Tariknya

Sejarah Monumen Bandung Lautan Api menjadi bukti perjuangan dan pengorbanan para pejuang untuk mempertahankan kawasan Bandung. Tempat sejarah ini pun selalu ramai dikunjungi di akhir pekan, karena banyak orang berdatangan hanya untuk nostalgia atau sekadar rekreasi.

Sejarah Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api berdiri dengan tinggi 45 meter dan memiliki sisi 9 bidang. Bagian puncaknya dibuat seperti bara api. Di mana konstruksinya berbentuk tiga buah bambu sebagai penyulut kobaran api dan memiliki warna kuning keemasan. Dibangun pada tahun 1981 dan dirancang oleh seniman Sunaryo Soetono, yakni seorang seniman kontemporer sekaligus mantan dosen seni rupa ITB yang memenangkan sayembara perancangan monumen Bandung Lautan Api.

Pembangunan monumen ini dilakukan untuk memperingati dan mengenang peristiwa pembumihangusan yang dipimpin oleh Muhammad Toha di Bandung Selatan. Dimulai dari kedatangan pasukan sekutu yang dipimpin Brigade Macdonald yang meminta senjata warga Bandung. Situasi ini semakin pecah ketika orang-orang Belanda lain mengacaukan keamanan negara. Meski beberapa tokoh sepakat mundur dengan pertimbangan politik dan keselamatan rakyat, tetapi pejuang lain tidak ingin menyerahkan wilayah tersebut kepada sekutu, lawannya. Pada akhirnya, separuh wilayah Bandung dibumihanguskan setelah rakyat diungsikan.

Baca Juga: Masjid Kubah Emas Kota Depok Dengan Pesona Kemegahannya

Daya Tarik Wisata Monumen Bandung Lautan Api

Daya-Tarik-Wisata-Monumen-Bandung-Lautan-Api

Menyimpan sejarah perjuangan para pejuang terdahulu, kawasan Monumen Bandung Lautan Api juga memiliki sejumlah daya tarik yang membuat objek satu ini selalu ramai dikunjungi. Beberapa daya tariknya ialah sebagai berikut.

  1. Adanya lukisan mural bertemakan sejarah
  2. Memiliki area lapangan olahraga dan jogging track
  3. Taman dan wahana permainan anak
  4. Banyak stand dan pedagang untuk wisata kuliner
  5. Tempat yang cocok untuk rekreasi sambil belajar sejarah
  6. Area yang luas dan nyaman untuk piknik

Pengaruh Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Memiliki pengaruh yang signifikan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pertama-tama, peristiwa ini menjadi simbol keberanian dan tekad pejuang Indonesia untuk melawan penjajahan. Kisah para pejuang yang berjuang dengan sumber daya terbatas melawan musuh yang jauh lebih kuat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia dan memperkuat semangat persatuan dan perjuangan.

Selain itu, menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang berdaulat dan layak diakui sebagai bangsa yang merdeka. Perjuangan ini menjadi bagian dari upaya diplomatik yang mengarah pada Konferensi Meja Bundar pada tahun 1949, yang akhirnya mengakui kedaulatan Indonesia. Menjadi salah satu cerminan dari semangat perjuangan dan ketahanan rakyat Indonesia dalam menghadapi penjajah. Peristiwa ini tidak hanya memengaruhi sejarah Indonesia, tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak bangsa yang berjuang untuk meraih kemerdekaan mereka Storyups.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *